Juicy Luicy: Terima kasih 2022!

Tidak terasa kita sudah berada di ujung tahun 2022 dan sudah harus menghadapi tahun 2023. Di satu sisi, banyak sekali perubahan yang kita rasakan setelah menghadapi pandemic COVID-19 selama lebih dari 2 tahun. Namun di sisi lain, tahun 2022 bisa dibilang menjadi sebuah memori tersendiri untuk Juicy Luicy. Bagi Julian Kaisar, Denis Ligia, Zamzam, Dwi Nugroho, dan Bina Bagja, tahun 2022 mengukir sejarah dalam kehidupan bermusik mereka, sekaligus berterima kasih kepada tahun 2022.

Juicy Luicy mengawali tahun 2022 dengan menjadi band Indonesia nomor satu, yang lagu dan albumnya paling banyak didengarkan di Spotify Indonesia. Hal itu diumumkan melalui Spotify Wrapped 2021, dimana lagu Lantas menjadi satu-satunya band yang menempati 10 lagu teratas yang didengarkan di Spotify Indonesia. Selain itu album Sentimental masuk ke dalam Top 10 Album yang paling didengarkan di Spotify Indonesia dan menjadi satu-satunya band yang ada di list tersebut. Dengan semangat itulah, Juicy Luicy memulai tahun 2022 dengan merilis single Tanggung Jawab.

Single Tanggung Jawab sendiri, menceritakan perasaan yang dirasakan seseorang yang menjadi korban ghosting. Dimana kita akan kembali melihat Julian Kaisar menjadi pemeran utama pada Music Video-nya. Kita akan merasakan perasaan sedih, kecewa, dan sakit hati yang diutarakan melalui lagu Tanggung Jawab. Setelah meminta tanggung jawab, Juicy Luicy pun merilis lagu Tampar di bulan April.

Lagu Tampar milik Juicy Luicy, ingin menangkap perasaan semua orang yang punya perasaan ngarep atau berharap mendapatkan cinta dari dia yang sudah memiliki. Dimana muncul perasaan harapan kalau dia akan berpisah dengan pasangannya, namun harus menerima kenyataan kalau rasa dan harapan tersebut adalah sesuatu yang salah. Dan bisa dibilang, lagu Tampar kini menjadi soundtrack ketika galau dan saat hujan sedang turun. Ini terlihat melalui trend Tiktok yang menggunakan potongan lagu Tampar untuk menggambarkan perasaan tersebut. Bahkan, Juicy Luicy sempat berterima kasih kepada Will Smith dan Chris Rock, karena insiden Will Smith menampar Chris Rock berdekatan dengan rilisnya single Tampar.

Dan kalau membicarakan soal panggung-panggung yang Juicy Luicy datangi, menjadi kenangan manis dan core memory tersendiri bagi Julian Kaisar, Denis Ligia, Dwi Nugroho, dan Bina Bagja. Dimana di setiap panggungnya, mereka berterima kasih kepada setiap penonton yang datang, karena selalu hafal dan ikut menyanyikan setiap lagu yang mereka bawakan. Bahkan setiap single terbaru yang mereka rilis, langsung dapat dinyanyikan secara bersama. Rasa terima kasih itu, mereka ungkapkan melalui Intimate Showcase: Kembali Keramaian, yang mereka lakukan bersama Adrian Khalif di Bandung dan Jakarta. Fans Juicy Luicy mengembalikan itu dengan membuat Intimate Showcase tersebut sold out alias setiap tiketnya ludes!

Tidak dipungkiri lagi kecintaan masyarakat Indonesia kepada Juicy Luicy, band sentimental yang menghasilkan lagu-lagu yang menyentuh dan relatable ini, dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal tersebut makin diperlihatkan saat Julian Kaisar melihat ada juga pasangan yang ternyata menikmati lagu-lagu Juicy Luicy. Bahkan Awkarin atau Karin Novilda, menjadikan lagu Juicy Luicy sebagai soundtrack galaunya. Lagu tersebut tepatnya adalah lagu Mawar Jingga milik Juicy Luicy. Awkarin pun pernah dinyanyikan lagu tersebut didepannya langsung oleh Julian Kaisar! Itu pula perasaan yang dirasakan oleh Fiersa Besari. Dimana dalam satu panggung, dia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk jamming dan menyanyikan lagu Mawar Jingga bersama Juicy Luicy,

Tidak hanya itu, perasaan terbesar musisi atau band saat ini, adalah saat melihat para penonton tidak memegang smartphone sama sekali saat menonton band mereka tampil di panggung. Hal itu akhirnya dirasakan langsung, saat Juicy Luicy sedang menyanyikan lagu Tampar di sebuah panggung dan seluruh penonton yang datang, sama sekali tidak memegang smartphone. Momen itu masih bisa kita lihat melalui Tiktok yang diunggah di akun @juicyluicyband.

Kesuksesan yang diraih oleh Juicy Luicy sampai saat ini, tidak lain karena para penikmat lagu-lagu Juicy Luicy. Itu terlihat saat Juicy Luicy mencetak rekor dimana 2 single miliknya, Lantas dan Tanpa Tergesa, sudah diputar lebih dari 100 juta kali. Ini tentu membuktikan betapa relatable lagu-lagu Juicy Luicy bagi masyarakat Indonesia, salah satunya saat lagu Juicy Luicy sempat diputar di sebuah mall besar di Filipina. Hal itu disusul dengan diputarnya Album Sentimental Juicy Luicy sebanyak 300 juta kali!

Prestasi tersebut tentu didukung dengan konsistensi Juicy Luicy dalam membuat lagu yang sentimental dan relatable. Dimana pada bulan November, Juicy Luicy merilis lagu Sayangnya. Lagu ini menceritakan bagaimana keadaan yang terjadi saat seseorang sedang bangkit kembali setelah hubungan yang dia miliki usai. Dimana kita yang terbiasa menjadikan pasangan hadir dalam setiap rutinitas kita, kini harus melewati semua rutinitas tersebut sendiri kembali.

Tentunya tidak hanya masyarakat Indonesia yang memberikan kembali kepada Juicy Luicy atas karya mereka yang indah. Kota asal mereka, Bandung, juga memberikan penghargaan kepada Juicy Luicy melalui Bandung Music Awards. Pada Bandung Music Awards, Juicy Luicy mendapatkan nominasi untuk kategori Umum Band Terpopuler dan kategori Duo/Grup/Vokal Grup Jazz terpopuler. Dimana pada akhirnya Juicy Luicy memenangkan Kategori Umum Band Terpopuler dan mengalahkan Ungu, Noah, Voice of Baceprot, dan D’Masiv.

Seluruh prestasi yang diukir oleh Juicy Luicy pada tahun 2022, tentu semakin mengukuhkan mereka sebagai band sentimental yang dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga pada akhirnya konsistensi Julian Kaisar, Denis Ligia, Zamzam, Dwi Nugroho, dan Bina Bagja dalam berkarya bersama sejak tahun 2010 melalui Juicy Luicy, dihargai oleh para penggemarnya. Bentuk penghargaan tersebut, diperlihatkan saat Juicy Luicy menjadi band dengan lagu yang paling banyak di-stream di Spotify. Ini menjadikan Juicy Luicy band paling sukses di tahun 2022. Tentunya kita sebagai penggemar Juicy Luicy akan menunggu karya-karya terbaru dari Juicy Luicy. Kira-kira akan seperti apa tahun 2023 bagi Juicy Luicy? Apakah akan ada album baru? Kita tunggu saja ya!